Apa Itu MOBA ? dan 5 Game MOBA Gratis Terbaik Android Yang Layak Untuk Di Coba

Dunia-Game88 - Di tengah kesuksesan genre battle royal yang saat ini memiliki jumlah pemain terbanyak, genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) masih memiliki tempat di hati para penggemar esports walaupun popularitasnya sudah mulai tergeser. Namun, sudah tahu belum apa itu MOBA? mari simak artikel berikut ini.

Pengenalan Mengenai MOBA


apa itu moba
Game Moba (Foto: www.hapeku.id)

Mobile Legends, Vainglory, Age Of Arena, dan Arena Of Valor adalah beberapa judul esports yang bertemakan MOBA. Pada dasarnya, MOBA adalah jenis permainan action real time yang merupakan turunan dari genre strategi.

Dalam genre ini, pemain hanya mengontrol seorang karakter atau hero yang memiliki atribut dan kemampuan yang unik dari karakter lainnya, dan hanya memiliki sebuah tujuan untuk memenangkan permainan, yaitu menghancurkan semua bangunan inti dari tim lawan.

Karakter yang dimainkan juga memiliki tingkat kostumisasi yang tinggi, yang disesuaikan dengan gaya bermain. Untuk mencapai tujuan permainan dengan mengalahkan tim lawan, tentunya hero yang dipilih tidaklah sendiri. MOBA sangat berorientasi pada kerja sama tim.

MOBA dikenal dengan ciri khasnya yang dinamik sehingga tidak akan ada permainan yang sama persis dengan permainan sebelumnya. 

Mekanisme permainan yang kompleks disertai dengan kemampuan tiap pemain yang bervariasi, tentunya sudah menggaransikan pengalaman bermain yang tidak repetitif.

Selain itu, MOBA juga memiliki konsep bermain yang sederhana dan mudah dipahami. Bermodalkan mengetahui sebuah tujuan untuk menghancurkan markas tim lawan, pemain dapat dengan muda memenangkan permainan hanya dengan mindset memperkuat karakter sendiri.

Fitur lain dari genre game ini terletak pada sisi inklusivitasnya, dimana genre ini tidak menuntut pemainnya untuk mengeluarkan duit yang banyak agar dapat bermain ataupun unggul dalam permainan.

Meskipun berkategori free to play, genre game ini juga memiliki sisi konten premium. Penjualan kostum (skin) yang menambah nilai estetika permainan juga turut disertakan untuk memberikan pengalaman bermain yang tidak ada duanya.

Genre game ini tergolong permainan yang mudah dipahami, namun sulit untuk dikuasai. 

Mekanismenya yang kompleks disertai dengan variasi kemampuan bermain lawan ataupu kawan, terus memberi tantangan baru yang tiada habisnya. 

Untuk dapat bertahan dan menjadi pemain yang handal, diperlukan kerja keras. 

Mulai dari rajin membaca guide, menonton streaming pemain pro hingga latihan yang sering adalah latihan sehari-hati untuk menempuh kepuasan bermain yang lebih.

5 Game MOBA Gratis Terbaik Android Yang Layak Untuk Di Coba


1. Mobile Legends


mobile legends salah satu game MOBA gratis
Moble Legends salah satu game MOBA gratis terbaik Android

Diurutan pertama sudah pasti kami akan menempatkan Mobile Legends: Bang Bang, menjadi game MOBA terbaik dan terpopuler dan paling banyak digandrungi para gamers saat ini.

Game yang pertama kali dirilis tahun 2016 ini sangat digemari berbagai kalangan karena untuk bisa memainkannya tidak perlu menggunakan ponsel dengan spesifikasi tinggi. Bahkan dengan “HP kentang” pun bisa dimainkan dengan lancar.

Sama seperti MOBA games lainnya, ML juga menggunakan konsep 5V5 yang cukup menarik. Para pemain harus bekerja sama dengan baik menghancurkan setiap turret lawan yang berada di tiga line. Selain itu, ada peta yang berfungsi untuk mengetahui posisi setiap lawan. Banyak hero-hero baru yang terus dirilis, membuat ML makin seru dimainkan.


2. Arena of Valor (AoV)


Arena Of Valor merupakan game MOBA gratis terbaik android
Arena of Valor game MOBA gratis terbaik Android

Bisa dibilang Arena of Valor (AoV) merupakan salah satu game MOBA yang menjadi “pesaing” berat Mobile Legends. AoV hadir dengan berbagai mode yang bisa dimainkan. Mulai dari lima lawan lima, tiga lawan tiga, hingga yang lebih menantang, satu lawan satu.

Tersedia beragam hero yang bisa kamu andalkan untuk memenangkan permainan. Hero-hero ini memiliki skill dan keunggulan yang berbeda-beda. Sehingga pemilihan hero ini juga bisa menentukan jalannya pertandingan.

Serupa dengan Mobile Legends, AoV juga menyediakan tambahan item kustomisasi berupa skin yang bisa didapatkan secara gratis atau melalui pembelian dalam aplikasi. Game ini bisa didownload di Play Store dan juga App Store.

3. Vainglory


Vainglory salah satu game MOBA terbaik android
Vainglory game MOBA gratis terbaik Android yang layak di coba

Game satu ini bisa dibilang menjadi salah satu game MOBA pertama yang hadir di perangkat mobile. Awalnya, Vainglory mempertemukan 3v3 dalam satu lane (jalur) yang sama. Seiring berjalannya waktu, mereka mengikuti lainnya yang hadir 5v5 dengan tiga lane berbeda sebagai arena pertarungan.

Grafis dan animasi yang ditawarkan juga cukup memanjakan mata. Bahkan bisa dibilang lebih unggul dari Mobile Legends. Tentu ini bisa menjadi nilai lebih bagi Anda yang menganggap urusan visual dari sebuah game sangatlah penting.

Vainglory juga memiliki banyak hero dengan kemampuan yang beragam. Anda bisa mencoba beragam hero yang nantinya bisa dijadikan andalan untuk meruntuhkan base lawan. Game ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

4. League of Legends


League of legends merupakan salah satu game MOBA gratis terbaik android
League of legends game MOBA gratis terbaik Android

MOBA games berikutnya adalah League of Legends atau biasa dikenal dengan sebutan LOL. Game pesaing terberat Dota 2 ini memang tidak terlalu populer di Indonesia. Tapi game yang dikembangkan developer Riot Games ini sangat populer di Eropa dan Amerika Utara.

Meski sebelumnya sudah populer sebagai game MOBA versi PC, tapi Riot Games sudah merilis versi mobilenya bernama League of Legends: Wild Rift di Android dan IOS. Meski sekilas mirip seperti game-game MOBA mobile lainnya, Wild Rift memiliki beberapa hal yang membuatnya berbeda.

Di game ini kalian bisa memiliki beragam skill sets, rules, item skill dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari dan dipahami dalam gamenya. Pemain diharuskan menghancurkan base musuh, dari team 5v5 yang dibuat dari awalnya dengan beragam hero.

5. Onmyoji Arena



onmyoji arena game MOBA gratis terbaik android
Onmyoji Arena game MOBA gratis terbaik Android

Onmyoji Arena merupakan salah satu game MOBA yang memiliki kualitas grafis yang tak kalah mumpuni. Omnyoji Arena merupakan versi MOBA dari Omnyoji yang cukup mengundang perhatian sejak pertama kali dirilis oleh NetEase.

Game ini mengambil latar pada Zaman Heian. Karakter serta arena yang ditampilkan dalam game ini pun cukup memukau karena menampilkan kebudayaan Jepang yang kental.

Mengusung konsep 3D, secara kualitas grafis game MOBA yang banyak mengangkat karakter Shinigami ini memang cukup memukau. Sehingga tak salah jika Onmyoji Arena dianggap sebagai salah satu game MOBA Android terbaik.

Nah, itulah bahasan mengenai 5 game MOBA gratis terbaik Android yang layak untuk di coba. Jika kamu punya rekomendasi lainnya, silahkan untuk berkomentar di bawah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer