Apa Itu RPG? Pengertian, Jenis-jenis dan 5 Game RPG Gratis Terbaik Android

Dunia Game - Apa itu RPG? RPG adalah singkatan dari role-playing game, yang merupakan salah satu jenis genre game terkenal. Ada banyak contoh-contoh game RPG populer dari berbagai masa, mulai dari Final Fantasy, Pokemon, Dragon Quest, Diablo, Elder Scrolls, Undertale, hingga The Witcher. Tentu tiap game RPG memiliki keunggulan masing-masing.

Dalam istilah Indonesia, RPG dikenal sebagai permainan peran. Sejarah game RPG sudah ada sejak dulu, yakni berdampingan dengan sejarah game itu sendiri. Game RPG awalnya hanya merupakan game text-based saja, namun kini telah berkembang pesat dengan grafis 3D paling bagus dan canggih.

Pengertian Game RPG

Pengertian game RPG secara singkat adalah jenis genre game dimana pemain mengontrol aksi dari karakter atau grup dalam sebuah dunia fiksi dalam video game. Artinya dalam game tersebut memiliki ruang lingkup sendiri, dengan karakter, pengaturan, item, dan terminologi yang unik dan khas.

Tiap pemain kemudian harus memerankan karakter sesuai dengan perannya untuk bisa mengembangkan permainan. Game RPG juga membuat tiap player bisa memilih kustom karakter sesuai dengan yang mereka inginkan. Dalam game RPG, biasanya juga tersedia fitur single player atau multiplayer.

Dalam game RPG, juga ada non-controllable player atau NPC, yakni karakter yang tidak bisa dimainkan, tapi kita bisa berinteraksi dengannya. Game RPG umumnya memiliki misi-misi atau quest yang harus diselesaikan dengan berinteraksi dengan NPC, menjelajah dunia dalam game, atau mengumpulkan item-item tertentu.

Jenis-jenis Game RPG

Terdapat beberapa macam-macam game RPG, umumnya dilihat dari cara permainannya atau kombinasi dengan genre lain. Berikut merupakan jenis-jenis game RPG secara umum.

  • Action RPG, yakni jenis game RPG yang berfokus pada adegan aksi dan pertarungan dengan musuh.
  • First-person party-based RPG, yakni jenis game RPG yang menampilkan sudut padang orang pertama yang menelusuri sebuah lokasi baru dalam game.
  • MMORPG, yakni jenis game RPG yang dimainkan secara online dengan mode multiplayer oleh banyak pemain dalam satu waktu.
  • Roguelike, yakni jenis game RPG yang karakteristiknya menggunakan gameplay turn-based dengan grafik tile-based serta prosedur tertentu.
  • Sandbox RPG, yakni jenis game RPG bertemakan open world, dimana pemain bisa menjelajah dengan bebas dan tidak terarah pada 1 jalan saja.
  • Tactical RPG, yakni jenis game RPG yang dikombinasikan dengan game strategi, umumnya dengan gameplay turn-based.

5 Game RPG Gratis Terbaik Android

Game-RPG-Gratis-Terbaik
5 Game RPG Gratis Terbaik Android (Foto: Digitek.id)

Ada banyak judul game RPG populer yang terkenal sejak dulu sampai sekarang, baik yang dirilis di computer, mobile, atau konsol game seperti PlayStation, Xbox, Nintendo, Gameboy, dan sebagainya.

Berikut merupakan 5 game RPG gratis terbaik Android.

Kritika: The White Knights

Game RPG petualangan yang pertama adalah The White Knights. The White Knights akan menguji skill EX kita. Game ini merupakan game action RPG paling seru. Kita akan diajak menemukan para pemenang seperti Demon Blade, Crimson Assassin, Dark Valkyrie, Berserker, Cat Acrobat, dan Shadow Mage.

Fitur Menarik Game The White Knights

The White Knights menyediakan banyak fitur, diantaranya:

  • Konsep 3D yang menakjubkan yang bakal menemani perjalanan petualangan kita. Visual grafis juga terlihat sangat sempurna
  • Penempatan tombol dan sistem panel dalam sistem juga disusun dengan cara yang tepat, memudahkan kita untuk bermain.
  • Selain itu kita juga dapat memilih champion sebagai lambang atau status, dan bergabung dengan sebuah guild agar cepat naik level.
game-rpg-kritika-the-whites-knights
Kritika: The White Knights (Foto: www.boxunitedgamers.com)

Rise of Darkness

Game petualangan RPG yang wajib kita coba selanjutnya adalah Rise of Darkness. Rise of Darkness menceritakan bahwa sejak invasi Underworld Demons, dunia dalam kekacauan. Dan untuk menciptakan perdamaian kita harus menemukan kristal darah yang bersegel kekuatan iblis kuno. Gimana, seru banget kan?

Jadi dalam game ini, kamu akan berperan sebagai pahlawan. Kamu akan mengarungi tempat demi tempat untuk menyelesaikan misi/quest kamu. Tapi tenang, kamu tak sendirian, kamu akan ditemani beberapa karakter lain. Pastikan kamu berhasil menyelesaikan misi/quest untuk jadi pahlawan terbaik.

Fitur Menarik Game Rise of Darkness

Rise of Darkness juga menyediakan banyak fitur-fitur keren, diantaranya:

  • Menggunakan mesin unity 3D yang mampu menenggelamkan pemain dalam dunia visual yang menakjubkan.
  • Kontrol panel untuk memainkan game serta navigasinya dibuat dengan sangat tepat. Tempatnya diletakkan pada tempat yang pas. Sehingga memudahkan kamu untuk mengontrol permainan.
Rise-of-Darkness-Game-RPG-Terbaik
Rise of Darkness (Foto: www.indogamers.com)

Dungeon Hunter 5

Dungeon Hunter 5 merupakan hasil pengembangan dari Dungeon Hunter 4 yang lebih dulu sukses di tahun 2021. Tentu sebelumnya telah ada versi yang mendahului hingga sampai ke versi terbaru yakni 5. Ini membuktikan bahwa game memiliki tingkat kesuksesan yang luar biasa.

Dalam game ini kita akan berjuang bersama dengan jutaan Bounty Hunters untuk memerangi kegelapan di seluruh dunia. Nah, seru kan?. Selain itu kita juga harus menyelesaikan kurang lebih 70 misi dalam setiap harinya. Ayo, siapa sih yang tidak penasaran dengan game keren yang satu ini. Namun, sayangnya ukuran game satu ini cukup besar, yakni mencapai 1,4GB.

Fitur Menarik Game Dungeon Hunter 5

  • Fitur game yang ditawarkan Dungeon Hunter 5 sangat menarik. Terutama pada:
  • Penggunaan musik dan efek suara yang keren, dibuat secara orisinil sebagai soundtrack dalam game.
  • Terdapat event setiap minggu yang menarik, berhadiah skill dan senjata unik, sehingga kita bisa mengupgrade game menjadi lebih baik.
  • Selain itu kita juga dapat melakukan simulasi pertahanan dengan melawan diri sendiri di tahap paling akhir.
Dungeon-Hunter-V-Game-RPG-Android
Game Dungeon Hunter 5 (Foto: id.techinasia.com)

Soul Craft – Action RPG

Game petualangan yang wajib kita coba selanjutnya adalah Soul Craft. Soul Craft sering disebut sebagai salah satu RPG yang mengusung tema Diablo terbaik untuk platform mobile. Pihak yang bertentangan dalam game ini adalah angel dan demon. Penasaran banget kan?

Nah, untuk dapat memainkan game ini kita cukup menyiapkan ruang memori sebesar 19,6MB. Dalam game ini, kamu akan melakukan petualangan sekaligus melakukan pertempuran di berbagai tempat.

Fitur Menarik Game Soul Craft

Soul Craft telah menyiapkan banyak fitur keren untuk kita para gamer lho. Diantaranya:

  • Terdapat banyak hack and slash dan dungeon, yang menjadikan permainan semakin seru.
  • Desain grafis yang besar dan mengagumkan, terutama pada beberapa tempat pertempuran.
  • Tempat pertempuran terlihat seperti nyata yaitu di Venesia, Roma, New York, Mesir, dan Hambrug.
  • Selain itu juga terdapat 5 mode permainan yang berbeda, dan banyak pertempuran yang menegangkan. Tunggu apalagi, buruan mainkan game ini.
Soul-craft-game-rpg-terbaik-android
Soul Craft Action RPG (Foto: Pinterest)

Order dan Chaos 2

Game petualangan RPG selanjutnya adalah Order and Chaos 2. Game yang diproduksi oleh Gameloft ini menggunakan sistem MMORPG.  Meski demikian, bukan berarti kamu tidak akan melakukan petualangan. Petualangan kamu bahkan tak kalah seru dengan pertempuran yang akan kamu lakukan.

Order and Chaos 2 menggunakan pengaturan seperti pada zaman dewa dengan mengangkat 5 ras. Penasaran kan? Selain itu game ini juga menyajikan quest-quest yang jumlahnya mencapai 1000. Sayangnya,  untuk dapat memainkan game ini kita harus menyiapkan kapasitas ruang yang cukup besar yaitu sebesar 1,7GB.

Fitur Menarik Game Order and Chaos 2

Banyak banget lho fitur-fitur keren dalam game ini. Diantaranya:

  • Wilayah penjelajahan yang luas, seolah-olah tidak akan habis kamu telusuri.
  • Banyak pilihan eksistensi dengan grafik yang unggul, sudah pasti game ini di dukung dengan grafis yang hebat. Gameloft tak perlu lagi diragukan kemampuanya membuat game dengan grafis terbaik.
  • Jumlah quest yang banyak, crafting dan upgrading peralatan, markas, dan platform game, yang menjamin kamu tak akan bosan melakukan petualangan dalam game ini.
Order-and-chaos-2-game-rpg-terbaik-android
Order and Chaos 2 (Foto: www.seputarteknologi.com)

Nah, demikian pembahasan mengenai apa itu game RPG, pengertian, jenis-jenis dan 5 game RPG gratis terbaik untuk android yang dapat kita unduh secara gratis. Beberapa game bisa kamu mainkan secara online, beberapa juga offline. 

Secara pribadi saya menyukai Rise of Darkness. Saya ingin menjadi pahlawan, dan saya ingin menjadi cahaya di kegelapan. Tapi apapun pilihan kamu, mari kita lakukan petualangan bersama dalam dunia virtual.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer